Jangan Malas Untuk Belajar

Diposting pada: 2018-04-25, oleh : Ridwan, Kategori: Tanpa Kategori

Rasa malas sering menjadi masalah bagi banyak orang terutama ketika seseorang dituntut untuk cekatan dalam bekerja. Setiap orang bisa saja mengalami perasaan malas sehingga dapat berdampak kepada lambannya aktivitas. Jika tidak segera diatasi, rasa malas ini sering dapat merugikan karena merupakan salah satu penyakit mental yang menyebabkan terhambatnya aktifitas. Hampir semua orang ingin mencapai kesuksesan entah dalam karir, prestasi belajar ataupun hal lainnya. Semua itu tidak akan tercapai jika seseorang memiliki rasa malas dalam kesehariannya.

Apa itu rasa malas? Pengertian rasa malas menurut Edy Zaques: 2008, malas merupakan keengganan seseorang untuk melakukan sesuatu yang seharusnya atau sebaiknya dia lakukan.

Selain itu, rasa malas merupakan bentuk perilaku negatif yang akan merugikan diri sendiri. Banyak hal yang akan dipengaruhi oleh rasa malas ini. Orang akan rugi waktu karena sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan jika ingin meraih kesuksesan.

Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Malas ?

Karena rasa malas sangat merugikan, kita harus berusaha untuk menghilangkannya. Jangan sampai di usia yang masih produktif kita menyia-nyiakan waktu untuk bermalas-malasan sehingga hanya akan ada rasa sesal di kemudian hari. Biasanya, cirri-ciri orang malas ialah tidak bersemangat, tidak memiliki ide, badan terlihat lesu, dan lain sebagainya. Adanya cirri-ciri tersebut membuat seseorang tidak bisa bekerja dengan baik. Kalau dibiarkan berlarut-larut, bisa jadi penyakit malas ini mendarah daging.

Untuk menghilangkan rasa malas tersebut harus dimulai dari diri sendiri. Sebagai contohnya, ketika kamu mulai malas bekerja, cobalah cari motivasi yang bisa membuatmu semangat bekerja. Bisa saja motivasimu bekerja karena ingin membahagiakan orang-orang tersayang. Dengan cara tersebut, semangat dari dalam diri sendiri akan muncul sehingga kamu akan kembali bersemangat kerja.

Jika seseorang masih saja merasa malas bekerja, mungkin karena pekerjaan itu tidak disukainya sehingga merasa enggan untuk mengerjakan pekerjaan yang sudah menjadi kewajibannya.

Perilaku malas bukan merupakan watak yang sulit dirubah melainkan suatu perilaku hasil suatu bentukan. Seseorang bisa berubah menjadi rajin dan meninggalkan sikap malasnya. Sebaliknya seseorang yang rajin bisa saja memiliki rasa malas karena pengaruh lingkungan.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 1 komentar untuk berita ini

  • Ari Rusmanto
    2011-11-30

    Saya tidak pernah malas untuk belajar mas, saya selalu penasaran dengan sesuatu yang menambah pengetahuan saya.

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id